Banyak dibaca

Popular Posts

Member of

Bloggers' Shout Out!
Orange Blogger
www.kancutkeblenger.com
Warung Blogger
Ditulis oleh : Unknown Jan 27, 2014

Sepeda memiliki banyak varian sesuai kegunaan. Jenis medan dan fungsi pemakaian menentukan jenis sepeda yang dibutuhkan.

Ada sepeda yang khusus digunakan pada medan beraspal, untuk kompetisi, sampai sepeda gunung.
Sepeda, kini sedang menjadi alternatif transportasi bagi orang-orang yang muak dengan kemacetan Jakarta sekaligus menyehatkan tubuh. Makin banyak orang yang menggunakannya, tak hanya di saat libur atau waktu senggang, para bikers ini juga makin sering kita temui di jalan raya, pada jam-jam sibuk menjelang atau sepulang jam kantor.

Alasan pemakainya kini makin meluas, tak sekedar hobi. Satu di antaranya ikut menjaga kesehatan lingkungan yang semakin memburuk seiring meningkatnya polusi udara yang berasal dari asap kendaraan bermotor. Kesadaran inilah yang perlahan kemudian menggerakkan banyak orang untuk berbuat nyata. Salah satunya adalah dengan bersepeda.

Alasan lainnya adalah demi kesehatan. Seperti kita tahu, bersepeda adalah salah satu bentuk kegiatan berolahraga. Efeknya terhadap tubuh pun sangat positif: membakar lemak, melancarkan peredaran darah, dan pastinya, menyehatkan!

Road Bike
 Jika Anda lebih suka bersepeda di jalan yang beraspal mulus, maka jenis sepeda jalan raya (hybrid) inilah yang cocok untuk digunakan. Tapi, sepeda jalan raya ini pun banyak pilihannya. Salah satu jenis road bike yang biasa digunakan dalam medan jalan yang rata atau beraspal.

Competitive Road
Ini adalah jenis sepeda balap, yang biasanya digunakan untuk berkompetisi. Sangat ringan, beratnya hanya sekitar lima kg saja. Sepeda jenis competitive road yang berbobot ringan.

Endurance Road
Sepeda balap dengan frame yang lebih tahan dengan kondisi jalan yang kurang mulus. Jadi, kalau rute perjalanan yang akan Anda tempuh tak melulu aspal yang halus, mungkin Anda perlu mempertimbangkan jenis sepeda ini. Endurance road masuk dalam kategori sepeda balap pada medan yang tidak berkontur rata.

Time Trial
Untuk kompetisi balap yang menuntut kecepatan, inilah sepeda yang cocok. Didesain untuk menahan terpaan angin (aerodinamis), dan tentu saja memiliki bobot yang super ringan. Dengan bobot yang ringan, sepeda jenis time trial ini memang diperuntukkan bagi kompetisi.

Single Speed
Inilah jenis sepeda yang simpel untuk digunakan di kawasan perkotaan. Ber-gir tunggal sehingga tidak perlu melakukan pengaturan kecepatan. Inilah jenis sepeda yang akrab disebut fixed bike, atau fixed gear.

Commute
Desainnya merupakan gabungan dari sepeda balap untuk berkompetisi dengan fitur-fitur yang juga dibutuhkan untuk pemakaian sehari-hari. Bentuk commute bike merupakan paduan antara sepeda balap dengan sepeda harian.

Mountain Bike (MTB)
Dikenal awam sebagai sepeda gunung. Tentu, ini cocok untuk Anda yang senang berpetualang di alam bebas dengan medan cadas yang menantang. Tipenya juga bervariasi, Bingkai mountain bike yang kekar menjadikannya lazim digunakan saat bersepeda di medan berbukit dan berbatu cadas.


Cross Country (XC)
Cocok untuk Anda yang suka menyusuri jalan-jalan dengan jenis beragam seperti medan datar dan menanjak, baik beraspal maupun jalan tanah. Sepeda jenis cross country dapat dipakai untuk medan yang bertanah atau beraspal.

All Mountain (AM)
Sepeda ini punya fitur khusus shock absorber, sehingga sangat cocok untuk Anda yang gemar menaklukan medan yang terjal. Sepeda jenis all mountain memiliki dari kelebihannya menahan guncangan saat melintasi medan terjal.

Free Ride
Medan yang lebih ekstrem lagi bisa ditaklukan oleh sepeda jenis ini. Seperti namanya, sepeda tipe free ride dapat digunakan untuk medan apapun.

Downhill (DH)
Sesuai dengan namanya. sepeda ini paling cocok digunakan untuk menuruni gunung atau bukit dengan kecepatan tinggi. Sepeda tipe downhill terkenal memiliki fitur ketangkasan untuk menuruni lereng terjal.

Dirt Jump (DJ)
Biasa digunakan untuk atraksi sepeda. Selain untuk berpetualang, para biker sering menggunakan sepeda jenis dirt jump untuk beratraksi.

Sepeda Lipat
Inilah jenis sepeda yang sedang naik daun saat ini. Sesuai dengan namanya, sepeda ini bisa dilipat. Karena keunikannya ini, kita bisa membawanya kemana-mana. Menyimpannya juga tidak butuh ruang banyak. Sepeda lipat adalah jenis sepeda yang paling sering ditemui saat ini.

Kenali tipe dan jenis sebelum memutuskan untuk membeli sepeda, Anda perlu mengenali dulu jenis-jenis sepeda yang ada lalu membandingkannya dengan kebutuhan Anda.

Silahkan Berkomentar

Teman Blogger yang baik adalah mereka yang meninggalkan goresan komentar walaupun hanya sedikit ^^

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Kolong Langit - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Edited By Sophie Riswandono -