Banyak dibaca

Popular Posts

Google+

Member of

Bloggers' Shout Out!
Orange Blogger
www.kancutkeblenger.com
Warung Blogger
Ditulis oleh : Sophie Riswandono Mar 11, 2014




Seorang Bob Dylan ngaku kalo lagu Tangled Up in Blue miliknya yang terkenal selama sepuluh tahun terakhir ini butuh dua tahun untuk menulis liriknya. Wah?!

Yak, beberapa penyanyi emang mesti bersusah payah untuk mengerjakan lirik dan melodi pada sebuah lagu yang akan ditulis.

Namun ternyata ada beberapa lagu yang dibuat dalam waktu yang cepat lho! Nah, berikut adalah 7 buah lagu yang ditulis dalam hitungan jam dan tentu menjadi hits terbesar mereka!


1. MOTT THE HOOPLE, “ALL THE YOUNG DUDES”

Mott the Hoople hampir bubar pada tahun 1972 sebelum David Bowie yang berperan sebagai mesianis dari glam rock-nya, Ziggy Stardust muncul untuk menyelamatkan band ini. Doi sempet menawarkan lagu Suffragette City kalo itu bisa mencegah band ini dari rencana perpisahan. Namun, sang bassis Mott the Hoople, Pete Overend Watts menolaknya. Gak berenti usaha Bowie sampe di situ, doi langsung menawarkan lagu alternative lain. Yak, ALL THE YOUNG DUDES ditulis oleh Bowie sambil duduk bersila di lantai sebuah kamar di Regent Street, London di depan sang vokalis, Ian Hunter hanya dalam waktu dua jam saja.


2. THE ROLLING STONES, “(I CAN’T GET NO) SATISFACTION”

Banyak yang menganggap lagu (I Can’t Get No) Satisfaction adalah karya terbaik band legendaris, The Rolling Stones. Gak heran kalo single yang dibuat sebelum sang gitaris Keith Richards tertidur pulas selama 45 menit ini begitu hits pada era tahun 60 hingga 70-an. Musisi yang meng-covernya pun bukan sembarangan. Tercatat, mereka adalah Jimi Hendrix, Vanilla Ice, dan Britney Spears di MTV VMA tahun 2000 silam.


3. BLUR, “SONG 2”

Lagu yang dibuat hanya dalam kurun waktu setengah jam ini sukses menjadi hits pada masanya. Sang vokalis Damon Albarn dengan mudah Cuma menambahkan improvisasi "woo-hoo!" pada setiap liriknya.


4. QUEEN AND DAVID BOWIE, “UNDER PRESSURE”

Awalnya Queen sedang memainkan lagu lain bersama David Bowie, namun secara gak sengaja mereka pun berkolaborasi dan menciptakan lagu baru yang berjudul Under Pressure yang cuma memakan waktu singkat. Lagu ini sempat merajai chart Inggris. Itulah sejarah lagu Under Pressure. Kolaborasi yang hebat!


5. R.E.M., “LOSING MY RELIGION”

Sang gitaris Peter Buck memnuat lagu ini saat doi sedang bersantai di rumahnya menonton acara televise sambil minum sebotol anggur dan memainkan gitas. Saat itu doi tertidur dengan tumpukan akord lagu. Saat terbangun, Buck sontak langsung meneruskannya menjadi sebuah lagu yang terkenal sampai saat ini.


6. TEARS FOR FEARS, “MAD WORLD”

Lagu ini ditulis snag vokalis Brit Curt Smith cuma dalam waktu yang cukup singkat. "Aku ingat yang ditulis dalam satu atau dua jam di kota kecil Roland di sebuah restoran pizza."


7. DAVID BOWIE, “LIFE ON MARS?”

Soal menulis lagu, David Bowie emang gak usah diraguin lagi. Penyanyi senior ini membuat lagu LIFE ON MARS Sambil keliling kota London. Lagu ini akhirnya selesai tepat sebelum tengah malam. Dan… Yak, lagu ini sukses juga sukses jadi hits dan terkenal sampai sekarang.


Silahkan Berkomentar

Teman Blogger yang baik adalah mereka yang meninggalkan goresan komentar walaupun hanya sedikit ^^

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Kolong Langit - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Edited By Sophie Riswandono -