Banyak dibaca

Popular Posts

Google+

Member of

Bloggers' Shout Out!
Orange Blogger
www.kancutkeblenger.com
Warung Blogger
Ditulis oleh : Sophie Riswandono Jun 14, 2013

Hal-Hal yang Membuat Kita Berdebat
Dua orang dewasa yang sedang bertengkar karena salah paham
Tak jarang pastinya kita sering berselisih paham dengan orang lain, baik itu keluarga seperti orang tua, saudara kandung, sepupu hingga teman-teman main kita dan rekan kantor. Biasanya jika sudah begini perang urat alias debat tak terhindari, mulai dari yang tadinya suasana tenang dalam waktu yang sebentar mungkin bisa menjadi situasi yang mencekam wow! (Dramatisir). Nah biasanya apa saja sih hal-hal yang membuat kita berdebat hebat? Ini dia hal-hal tersebut:

1. Keyakinan
Jika saya boleh berpesan hindarilah yang satu ini ya sob. Ya, masalah yang satu ini sungguh sangat sensitif. Ibarat benang keyakinan itu sangat halus, tersentuh sedikit saja mungkin bisa terputus. Dengan kata lain bisa menimbulkan akibat yang tentunya tidak kita inginkan. Bertenggang rasa lebih baik bukan, terlebih kita hidup di negara dengan ragam agama dan latar belakang yang berbeda. Ingat, hindari perdebatan tentang keyakinan dan lebih baik kita saling menghargai.

2. Prinsip
Hampir mirip dengan masalah keyakinan, prinsip juga sangat sensitif. Salah berucap sedikit tentang prinsip yang dipegang oleh seseorang tak jarang membuat keadaan semakin tidak enak. Tidak hanya perdebatan yang terkadang timbul dari sini, terkadang juga berbuah perkelahian karena merasa tersinggung karena telah mengusik prinsip yang dianut. Hindari ya.

3. Opini
Biasanya untuk opini biasa terjadi dalam suatu forum, yang berawal dari diskusi untuk menentukan tujuan agar menjadi satu visi dan misi malah berujung dengan perdebatan. Ya, wajar dalam suatu forum biasanya dihadiri oleh massa yang tidak sedikit. Belum lagi setiap isi kepala mempunyai ide yang berbeda-beda. Inilah yang terkadang menyebabkan terjadinya konflik. Tapi untungnya tidak sampai adu jotos seperti kelakuan anggota-anggota di kursi dewan sana ya *ups*.

UPDATE
4. Selera
Apa yang kita suka belum tentu orang lain juga suka. Jangan memaksakan sesuatu ke orang yang belum tentu menyukai itu. Gak jarang juga hal ini memicu perdebatan. Misalnya kamu suka jengkol terus kamu memaksakan teman kamu untuk makan jengkol padahal sudah jelas-jelas dia tidak suka. Mungkin yang ada gak hanya berdebat ya tetapi, juga berkelahi *lol*.

Demikianlah Hal-Hal yang Membuat Kita Berdebat yang dapat saya bagikan. Hindari perdebatan yang dapat menimbulkan perselisihan. Karena tak sedikit perdebatan memicu perpecahan diantara kita. Jika sekiranya ada penambahan dari teman-teman sekalian silahkan tambahkan dikolom komentar ya. Terima kasih dan semoga bermanfaat. Salam blogger.

[ 28 comments... baca di bawah atau tambahkan komentar ]

  1. Ininih yang sering bikin adu mulut ya, padahal banyak hal yang seharusnya dimusyawarahkan sampai ketemu kata mufakat.

    Salam kenal, btw :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, padahal duduk manis dan berdiskusi lebih enak. Mungkin karena menyatukan ide banyak kepala itu susah ya :)

      Delete
  2. klo masalah selera, lebih baik gak usah didiskusikan.
    karena gak bakal ketemu dan hanya akan berujung pada debat panjang tanpa akhir :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah boleh juga, selera juga kadang bisa nimbulin debat kalo gak sreg :D

      Delete
  3. galau... banyak orang galau melampasikan dengan berdebat... mencari2 masalah hanya untuk melegakan diri. kalo gua galau , ya loe harus galau juga.. jadi saya bikin masalah. SAKIT DAGH

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh juga nih buat ditambahin :)
      yang berhubungan dengan pasangan ya hehehe

      Delete
  4. Oh iya juga ya Mbk.

    Heheheee baru ngerti sekarang lo.

    Padahal yang sering buat kita berdebat yaitu masalah pacar.
    Dan yang gak punya pacar ya pasti jarang berdebat.

    Heheheeee *kabur ahhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panggil Sophie aja yang enak Mas Imam hahaha...
      Jadi intinya :
      Bersyukurlah yang gak punya pacar! *ngomong sama cermin* :))

      Delete
  5. Ditambah lagi sikon sekarang, sepertinya banyak orang mudah tersulut emosi dengan hal sepele. Akal sehat dikalahkan dengan ego sesaat. Hmmm, postingannya menambah referensi nih :) I like this ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi Mba Tanty.... ^o^
      Ada benarnya juga, orang sekarang lebih mudah tersulut, terlebih yang ada di kota2, mungkin karena kepadatan aktifitas mereka ditambah letihnya badan biasanya memicu hal tsb :D

      Terima kasih udh mampir :D

      Delete
  6. Bener banget tuh, semuanya bisa menyulut perdebatan bahkan hal2 kecil sekalipun :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya apalagi kalo momennya juga gak pas :D

      Delete
  7. Saya suka dangdut.. tapi enggak mempermaslahkan yang punya selera musik rock. jadi enggak pernah debat deh

    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam dari seorang penyuka Metal bro (Melayu Total) :p

      Delete
  8. capek ya kalo kebanyakan berdebat, krn setiap manusia pada dasarnya punya sifat ga mau kalah...
    salam ya mbak sophie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, yang ada capek badan dan capek pikiran, dongkol hehehe...

      BTW, enaknya panggil saya Mas/kang/ apa sebutan utk laki :)

      Delete
  9. kalau saya sering berdebat gara-gara opini dan prinsip. Bisa alot berjam-jam kalau sudah masalah prinsip.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rata2 opini dan prinsip pak, kalo udh bahas begitu ya bener aja bisa berjam-jam, apalagi kalo sama2 gak mau kalah :)

      Delete
  10. jalannya ya musyawarah,
    "hidarilah berdebat sekalipun engkau benar"

    ReplyDelete
  11. kalo debat terus ya gak akan ada yang menang. yang ada mulut busaan. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... ya paling2 siap nunggu siapa yang uratnya putus duluan #eh :p

      Delete
  12. benaaaaaaaaaaar... kalo menurutku prinsip yang sering jadi masalah utamanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo prinsip bersinggungan dikit ya gitu langsung mercik keluar api :D

      Delete
  13. Intinya adalah singgungan dan pemaksaan, saya pikir. Meskipun keempat aspek di atas berbeda pada masing-masing orang, itu tidak akan melahirkan perdebatan selama tidak saling meenyinggung dan tidak saling memaksa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi gak jarang juga perdebatan lahir dari ketidak sengajaan bahan / topik pembicaraan sob :)

      Delete
  14. Mantap pak....Hindarilah perdebatan yang bisa menyinggung perasaan, berdebatlah yang positif untuk mencari solusi atau jalan keluar yg lebih baik. Perdebatan yang tidak mempunyai dasar, saya kira bukan perdebatan tapi pertengkaran yg akhirnya menimbulkan perkelahian....begitu kira2....tapi pak gemana caranya memperbesar kolom pos klmentar pak. Tapi ini bukan debat pak ya...cuman nanya....hehehhe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya benar pak :)

      Btw jika bapak mau memperbesar layar komentar ada di bagian bawah. aduh agak ribet juga sih jelasinnya hehehe..
      Atau bapak ubah ukurannya dari edit HTML template blog bapak :D

      Delete

Teman Blogger yang baik adalah mereka yang meninggalkan goresan komentar walaupun hanya sedikit ^^

- Copyright © 2013 Kolong Langit - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Edited By Sophie Riswandono -