Banyak dibaca

Popular Posts

Google+

Member of

Bloggers' Shout Out!
Orange Blogger
www.kancutkeblenger.com
Warung Blogger
Ditulis oleh : Sophie Riswandono Nov 8, 2013


Semakin banyak mobil murah saat ini, bahkan penjualan nya pun sudah mencapai angka yang lumayan baik di balik kontroversi mobil murah yang ada saat ini. Secara langsung kita tarik garis besarnya peminat pasar untuk membeli Mobil masih dalam tingkat yang tinggi. Memiliki sebuah kendaraan bagi sebagian orang gak cuma berfungsi sebagai alat transportasi, melainkan juga simbol prestige dan kesuksesan. Namun, dalam memilih kendaraan, tentu saja banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memboyongnya ke garasi kita dong tentunya.

Gak ada salahnya juga ketika kita hendak memutuskan mobil second atau bekas pakai. Alasannya pun banyak macamnya, harga yang di dapat pasti lebih murah di bandingkan kita membeli baru. Untuk kualitas dan performa, boleh jadi kondisinya gak kalah prima dengan mobil keluaran terbaru. Ada beberapa hal yang harus dipahami untuk memilih mobil second, yang terpenting adalah jeli melihat detil body dan interior, mengecek beragam fitur yang ada, dan tengoklah keadaan mesinnya. Ketelitian ini sangat diperlukan karena terkadang memang ada penjual ‘usil’ yang sudah memodifikasi kondisi mobil hingga pembeli merasa tertipu di kemudian hari.


Perhatikan Detail Body Keseluruhan

  • Saat melihat kendaraan yang ditawarkan, jangan terburu-buru jatuh cinta dengan jenis mobilnya tanpa melakukan pengecekan ulang. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi kaca pada mobil. Mobil yang pernah mengalami kecelakaan parah pasti dapat diketahui dari kondisi kaca kendaraan. Lihat pada sisi atau sudut kaca kendaraan, apabila tidak terdapat cap asli dari pabrikan mobil tersebut bisa jadi kaca mobil pernah pecah hingga harus menjalani perbaikan.
  • Setelah memastikan kondisi kaca kendaraan, lakukan pengecekan pada sudut-sudut mobil. Perhatikan lekuk-lekuk tulang pada body, apakah ada garis yang terlihat berbeda atau tidak. Kemudian lihat juga pada bagian pintu, perhatikan apakah ada bekas las atau dempulan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah mobil yang ditawarkan pernah mengalami kecelakaan yang mengenai tulang inti kendaraan.
  • Sisi bagian depan dan belakang kendaraan juga penting untuk diperhatikan, terutama celah antara bagian pintu, bumper, kap, sampai grille. Jika ada sudut yang tidak segaris atau terdapat celah yang tampak gak wajar, hati-hati, bisa jadi mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan dan hasil perbaikannya gak sempurna.
  • Terakhir, lihat body mobil dengan pencahayaan yang terang. Perhatikan apakah terdapat bekas pengecatan atau dempul yang gak sempurna. Hal itu dapat menurunkan nilai kendaraan jika kita gak menelitinya terlebih dahulu. Kecelakaan yang pernah dialami suatu kendaraan jika ditangani secara gak tepat hasilnya dapat terlihat belang. Setelah memantau kondisi body mobil, kini beralihlah pada mesin kendaraan.




Pengecekan Performa Mesin Kendaraan

  • Sebelum melangkah lebih jauh, jangan buru-buru menyalakan mesin kendaraan untuk melihat kondisinya. Buka kap mesin, perhatikan kelengkapan setiap bagian yang terpasang serta nomor-nomor seri yang terpampang.
  • Menilai apakah mobil tersebut sering dipakai atau tidak, caranya cukup mudah. Lihat pada bagian tali kipas, perhatikan baik-baik fisiknya. Jika perlu, Kita bisa menyentuh dan menggerakan tali kipas tersebut. Apabila tekstur tali kipas terasa kaku dan kasar, boleh jadi mobil tersebut memang sering dipakai, bahkan mungkin untuk perjalanan jauh. Hal itu akan sesuai dengan kilometer kendaraan yang biasanya tercantum di panel speedometer.
  • Kemudian beralih pada bagian radiator dan reservoirnya, tampak jernih atau terlihat keruh. Begitu juga dengan selang-selang yang menghubungkan tangki oli sampai washer wiper, perhatikan apakah tampak terawat atau tidak. Lalu cek keadaan oli, apakah sudah diganti atau belum. Idealnya, saat seseorang ingin menjual mobilnya, terlebih dahulu sudah mengganti oli atau aki agar kondisi mobil kembali prima.
  • Usai mengintip bagian dalam kendaraan, kini nyalakan mobilnya. Lihat apakah semua indikator bekerja dengan baik, termasuk panah penunjuk pada panel speedometer. Cek kinerja panel kontrol jendela dan pengaman pintu pada setiap sisi kursi kendaraan. Perhatikan juga fungsi-fungsi tuas pengaturan lampu dan wiper di sisi kemudi. Coba juga untuk menyalakan lampu-lampu penerangan yang ada di dalam kendaraan. Kemudian bagaimana dengan kondisi Air Conditioner, apakah sistem pendinginannya masih bekerja dengan baik atau tidak.
  • Setelah yakin dengan kondisi mobil secara keseluruhan,  kita mungkin dapat melakukan test drive untuk menjajal langsung performa mobil yang diinginkan. Dengarkan baik-baik bunyi mesin kendaraan saat sedang melaju, tampilan fisik mesin yang terawat bisa jadi mengalami kekurangan saat digunakan. Inilah yang harus kita waspadai, jangan sampai menyesal di kemudian hari.


Puas mengamati seluruh bagian kendaraan, kini keputusan di tangan kita. Ada baiknya jangan cuma melihat satu atau dua mobil saja kan semakin banyak kita melihat tawaran juga menambah wawasan kita juga loh, sehingga kita  mempunyai banyak pilihan untuk menentukan mana mobil yang memiliki performa terbaik dan jangan mau terbujuk oleh rayuan penjual tetap fokus untuk memilih yang terbaik untuk kendaraan kita nantinya, selamat mencoba.


[ 1 comments... baca di bawah atau tambahkan komentar ]

  1. surat suratnya juga mungkin mas.. ^_6 oke niche info mas

    ReplyDelete

Teman Blogger yang baik adalah mereka yang meninggalkan goresan komentar walaupun hanya sedikit ^^

- Copyright © 2013 Kolong Langit - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Edited By Sophie Riswandono -