Banyak dibaca

Popular Posts

Member of

Bloggers' Shout Out!
Orange Blogger
www.kancutkeblenger.com
Warung Blogger
Ditulis oleh : Unknown Jun 21, 2013

Hamster Ku Terbang!
Dunia sudah makin modern terlebih dengan adanya tekhnologi seakan-akan jarak dan jangkauan yang mungkin sebelumnya terasa jauh sekarang bisa kita rasakan, ya walau hanya sebatas dunia maya. Jadi teringat saat saya dulu masih memelihara dan termasuk menjadi salah satu hobiis hamster. Kisaran tahun 2006 lalu untuk kota seukuran Bandar Lampung belum banyak suplier khusus untuk kebutuhan hamster, bahkan hamster-hamster yang saya belipun berasal dari luar Lampung. Alhamdulillah saya gagal merawat hamster-hamster malang tersebut yang akhirnya tewas kelaparan. Ya, karena kelalaian saya dan kurangnya ilmu yang saya miliki tentang perhamsteran.

Dua tahun berselang tepatnya di tahun 2008 saya mencoba lagi untuk memelihara hamster. berawal dari dibukanya salah satu Pet shop yang memiliki lumayan banyak keperluan dan kebutuhan hamster. Saya mencoba untuk membeli 2 pasang hamster berjenis Winter White - Blue Argente dan sepasang Hamster Mini Roborovsky.

Hamster Ku Terbang!
Maskot saya namanya UCUL ^^
Tidak mau terulang seperti kejadian pertama dimana saya gagal memelihara dan mengembangbiakan hamster, saya mulai pelajari karakter-karakter hamster tersebut. Mulai dari makanan yang baik, perawatan kandang yang sehat hingga cara-cara mengembangbiakan dan merawatnya. Saya mulai berselancar di dunia maya bergabung bersama para pencinta hamster dan sedikit-demi-sedikit saya mulai memahami dunia hamster ini.

Mungkin kalian bingung kenapa saya malah bercerita hamster? Kapan jual-beli onlinenya? Oke sabar, justru berkat hewan-hewan pengerat kecil inilah saya memulai petualangan di dunia jual-beli secara on line.

Awalnya disaat saya sudah mulai mengetahui jenis-jenis hamster, saya merasa ingin menambah koleksi jenis hamster yang belum saya punya. Akhirnya saya coba untuk mencari penjual hamster yang ada di kawasan Jakarta dan Bandung serta Surabaya. Mulai bertanya kepada seller tentang jenis-jenis apa saja yang mereka punya. Dan akhirnya pembelian perdana online saya dimulai dengan membeli hamster dari seorang seller di Surabaya. Saya memesan hamster sebanyak 100 ekor untuk dikirim ke Bandar Lampung. Kesepakatan sudah terjalin dengan syarat dan ketentuan jika ada dari hamster yang dikirimkan tidak sesuai atau ada yang tewas di tengah perjalanan maka akan diganti.

Koleksi hamster saya dahulu
Koleksi Hamster (Dulu)

Koleksi Hamster (Dulu)

Koleksi Hamster (Dulu)

Koleksi Hamster (Dulu)

Koleksi Hamster (Dulu)

Koleksi Hamster (Dulu)

Koleksi Hamster (Dulu)

Koleksi Hamster (Dulu)

Koleksi Hamster (Dulu)

Koleksi Hamster (Dulu)

Koleksi Hamster (Dulu)

Koleksi Hamster (Dulu)

Koleksi Hamster (Dulu)

Note:
Rata-rata perlengkapan/ pernak-pernik keperluan hamster seperti gambar di atas saya beli dari on line.

Walaupun prosedurnya sedikit susah karena harus mengurus perizinana melalui dinas peternakan akhirnya para hamster imut itu berhasil terbang dan mendarat dengan selamat melalui pengiriman kargo. Oia sebelumnya saya sempat komplain sedikit kepada seller tersebut karena saya telah bilang bahwa saya menginginkan pengiriman dilakukan malam hari agar hamster yang di packing tidak gerah karena cuaca. Benar saja saat saya jemput ke bagian gudang kargo Bandara Raden Intan - Lampung Selatan saya banyak temukan hamster-hamster imut itu sudah banyak yang tumbang, tak sedikit juga dari mereka yang saling memakan satu dan lainnya. Alhasil dari 100 ekor hamster itu hanya tersisa sekitar 25-30 ekor saja.

Komplain saya selanjutnya adalah menanyakan permasalahan yang sebelumnya telah menjadi agreement. Tetapi yang terjadi malah jauh dari perkiraan saya, seller seolah tak menggubris apa yang menjadi keluhan saya. Sempat jengkel dan sedikit emosi tapi untungnya bisa saya redam tanpa harus mencacai maki seller tersebut di lapak dagangannya. Saya berharap hal tersebut menjadi pengalaman saya saja.

Kapok?! Sedikit sih hehehe.. Tapi saya tidak pernah ragu untuk berbelanja on line lagi toh setelah kejadian tersebut saya kembali membeli beberapa keperluan hamster yang saya cari karena di kota saya tidak ada. Dan Alhamdulillah transaksi yang saya lakukan selalu sampai tujuan.

Dari perjalanan dunia on line yang saya lalui akhirnya saya banyak mengerti terlebih dengan forum jual-beli di salah satu komunitas terbesar di Indonesia. Saya juga pernah berjualan di sana. Kebetulan untuk yang satu ini kita harus berhati-hati dengan seller yang kita temu. tak jarang penipuan terjadi di sini. Beberapa kawan sayapun pernah mengalami yang namanya ditipu dari seller-seller tak bertanggung jawab. Berikut saya berikan sedikit tips mencari seller yang direkomendasikan.

Tips memilih Seller yang Baik di Forum/ Situs Jual beli
  1. Perhatikan reputasi dari seller tersebut
  2. Lihat testimoni dari seller tersebut
  3. Liat thread atau postingan sebelumnya yang menunjukkan bahwa dia adalah seller yang jujur
  4. Coba hubungi kontak yang tersedia
  5. Jika masih kurang percaya kamu boleh menggunakan orang ketiga dengan sistem pembayaran secara rekber/ rekening bersama.
Mungkin itu sedikit tips yang bisa saya berikan untuk kalian berdasarkan pengalaman yang pernah saya lakukan selama berbelanja on line. Walaupun terkadang tips tersebut masih saja belum menentukan reputasi asli dari sang penjual tetapi setidaknya dia memiliki banyak klaim akan barang/jasa yang mereka jajakan. Semoga kalian dapat berbelanja on line tanpa takut dan ragu. Apalagi sekarang sudah banyak cara berbelanja secara aman. Happy shopping ^^,

Cerita ini diikutsertakan dalam Arr Rian's Giveaway - Pengalaman Belanja Online

[ 12 comments... baca di bawah atau tambahkan komentar ]

  1. Terima Kasih sudah ikut berpartisipasi dalam Arr Rian's Giveaway

    Yes! Tercatat sebagai peserta

    ReplyDelete
  2. kaliatannya ribet ya. tapi kao udah emang hobi ngurus binatang gini, pasti menyenangkan. cuman belum bisa kebeli binatang ini buat sy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang-gampang susah, asal ada passion pasti bisa.. Kalo saya sih udh keilangan passion utk peilhara hamster lagi nih :)

      Delete
  3. Sampai sekarang masih aja takut wat belanja online kecuali bener2 kenal sama yang punya punya blog atau Toko online.main ke tempatku juga ya...www.catatanyuki.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ragu-ragu wajar, apalagi buat awal-awal..
      Coba tips di atas setidaknya bisa memberi bantuan dikit ^_^

      Delete
  4. Banyak orang yang masih ragu dengan berbelanja on line. Termasuk saya sendiri pun ketika berbelanja on line, rasa was-was selalu ada sebelum barang datang di rumah. Tengkyu atas tips-nya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. was-was saat barang blm dateng ya mas... :D
      saya juga dl gitu.. :D

      Delete
  5. banyak sekali hamsternya.. bagi satuuuuu #gagalfokus :p

    waspada kepada onlineshop itu sangat diperlukan, apalagi sekarang sedang marak fake olshop. intinya jangan ragu untuk tanya detail tentang produk yang ingin dibeli :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayangnya udh abis ta bersisa :D

      terima kasih juga Ayu buat masukannya.. Bener banget utk tanya detail dari barang/produk yg mau kita beli :)

      Delete
  6. Wah... ternyata bisa beli hewan juga ya lewat OL shop *baru tau
    Hehe...

    Terima kasih sudah ikutan Arr Rian's Giveaway ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yak bisa, dan ini salah satu pengalaman saya :)
      Sama-sama dan kembali kasih sudah berkenan berkomentar ^_^

      Delete

Teman Blogger yang baik adalah mereka yang meninggalkan goresan komentar walaupun hanya sedikit ^^

- Copyright © 2013 Kolong Langit - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Edited By Sophie Riswandono -