Banyak dibaca

Popular Posts

Google+

Member of

Bloggers' Shout Out!
Orange Blogger
www.kancutkeblenger.com
Warung Blogger
Ditulis oleh : Sophie Riswandono Nov 7, 2013


Masuk ke lingkungan baru mungkin salah satu hal yang paling umum dalam kehidupan, namun banyak diantara Loe seringkali kesulitan saat harus menghadapi hal ini. Entah itu pertama kali masuk kuliah, harus menghadapi pindah ke kota baru, atau yang mungkin paling umum pindah ke kantor baru. Namun yang pasti kemampuan beradaptasi di lingkungan baru ini merupakan skill penting yang perlu Loe miliki. Bagaimanapun juga Loe harus bisa beradaptasi demi kelancaraan dan tentu saja agar bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan nyaman. Simak tips berikut dalam menghadapi lingkungan baru.
Keep an open mind
Salah satu tahap pertama yang perlu dilakukan adalah keep you mind open. Gak ada yang suka dengan perubahan, siapapun di muka bumi ini akan lebih nyaman dalam safety zone mereka selamanya. Namun, Loe gak akan pernah selamanya hidup dalam safety zone. Dalam sebuah lingkungan baru, pasti ada hal yang disebut dengan perubahan. Jangan pernah takut untuk terjun kedalam lingkungan Loe, meski mungkin segala sesuatunya terasa asing jangan pernah menutup diri. Menutup diri cuma akan menyulitkan diri sendiri dan justru akan membuat lingkungan di sekitar merasa gak nyaman dengan keberadaan Loe.

Jangan juga  menutup diri dari perbedaan lingkungan. Harus disadari bahwa setiap manusia mempunyai jalan pikirannya sendiri, hargailah dan hormati perbedaan dari lingkungan baru Loe. Ingat, sesuatu yang berbeda bukan berarti salah. Sebagai contoh, jika work flow di lingkungan kantor baru berbeda dengan yang biasa Loe jalankan, bukan berarti cara kerja tersebut salah bukan?
Become Involved
Jangan takut untuk berperan aktif dalam kegiatan di dalam lingkungan baru. Sebagai contoh, kalau Loe berada di tempat kerja baru, jangan takut dan menutup diri dalam mengeluarkan ide kepada rekan-rekan kerja baru Loe, atau mungkin dalam keadaan rapat Loe bisa mencoba ikut aktif berpartisipasi.

Dengan keterlibatan Loe dalam lingkungan baru, maka Loe akan menunjukan suatu kepercayaan diri yang akan dinilai positif oleh rekan-rekan kerja baru.
Salah bukan masalah
Hampir semua orang takut akan berbuat salah, namun dari sinilah penyebab kebanyakan orang gak mempunyai keberanian untuk mengungkapkan apa yang ada di dalam pikirannya. Berusahalah sebaik mungkin untuk menghindari kecenderungan ini. Terlebih lagi di saat Loe tengah berada di lingkungan baru. Berbuat kesalahan merupakan sesuatu yang manusiawi, dan Loe justru akan lebih dihargai jika berani mengungkapkan pendapat.

Jika emang pendapat yang Loe utarakan kurang tepat atau bahkan salah, hal tersebut justru bisa membuat Loe belajar. Yang jelas di dalam sebuah lingkungan baru, berusahalah untuk berani mengungkapkan apa yang dipikirkan. Dengan begitu Loe akan lebih didengar orang-orang sekitar dan jika memang pendapat Loe kurang tepat, justru Loe bakalan dapat masukan yang berguna.
Today is the start of a new adventure. New challenges to face, new memories to make, and new obstacles to overcome. So, keep optimistic, Bro! #Optimisme #Letsdoit

[ 1 comments... baca di bawah atau tambahkan komentar ]

  1. Sippp..

    yang ketiga nih jadii poin penting bagiku..
    sering kali klo d kasih kerjaan sering mikir,, ntar salah ga ya? klo salah gimana?

    ReplyDelete

Teman Blogger yang baik adalah mereka yang meninggalkan goresan komentar walaupun hanya sedikit ^^

- Copyright © 2013 Kolong Langit - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Edited By Sophie Riswandono -