Banyak dibaca

Popular Posts

Google+

Member of

Bloggers' Shout Out!
Orange Blogger
www.kancutkeblenger.com
Warung Blogger
Ditulis oleh : Sophie Riswandono Jun 12, 2013

Belajar Algoritma Google Dinosaurus
Ilustrasi Google Dinosaurus
Tiba-tiba waktu saya buka dashboard blogger saya ada yang aneh, dari 2 daftar nama blog saya sekarang hanya tersisa 1 blog saja. Lalu saya cek ke daftar blog yang telah dihapus, ternyata benar blog saya ada di 'kotak sampah'. Saya bingung kenapa demikian, padahal saya tidak pernah mendelete blog saya, terlebih blog tersebut adalah blog satelit dari kantor saya bekerja. Awalnya saya bingung bukan kepalang, apalagi jika atasan saya tahu jika blog satelit kantor telah terhapus.

Saya mencari tahu sambil berusaha memulihkan blog satelit tersebut tapi hasilnya nihil, blog tersebut sudah terlanjur terdeteksi sebagai spam oleh pihak blogger. Mau tak mau saya harus pertanggung jawabkan kesalahan saya.

Saya mulai bertanya permasalahan tersebut kepada teman saya, tiba-tiba dia menjawab, "dimakan dinosaurus itu!". Eh buset... Sejak kapan ada dinosaurus di dunia maya? Sampai-sampai bisa memakan blog saya? Setelah obrolan yang semakin jelas akhirnya saya tahu bahwa hal tersebut karena adanya algoritma google yang baru bernama Google Dinosaurus roaaarrrr...!
Belajar Algoritma Google Dinosaurus
Ya, algoritma yang satu ini agak sedikit berbeda dengan algoritma yang pada beberapa waktu lalu yaitu, Algoritma Google Panda dan Pinguin. Beberapa bulan terakhir, terutama blog baru yang menggunakan layanan Blogspot, langsung dihapus oleh pihak Blogger. Termasuk blog dummy untuk oprekan belajar dan blog satelit saya juga ikut dimakan dihapus, hiks. Seram dan bringas memang si Dinosaurus.

Lalu, Apa itu Google Dinosaurus dan apa saja efek positif dan negatif dari algoritma ini? Mari simak:

Algoritma Google Dinosaurus
Belajar Algoritma Google DinosaurusAdalah Algoritma baru yang mendukung Panda dan Penguin untuk perubahan algoritma dari hasil pencarian pada SERP (search engine result page) Google yang bertujuan agar peringkat hasil penelusuran yang dicari oleh pengguna menjadi tepat sasaran atau sesuai dengan topik yang mereka inginkan. Juga merupakan Pemberikan hukuman kepada website maupun blog yang mempunyai konten tidak bermutu serta dianggap spam dengan cara membuang jauh blog/web atau bahkan dihapus dari hasil pencarian search engine!

Tujuan utamanya yakni untuk dapat menurunkan peringkat sebuah website yang memiliki konten artikel yang rendah dan tidak berkualitas atau tidak sesuai dengan apa yang dicari oleh pengunjung/visitornya. Selain itu, Algoritma Google Dinosaurus juga bertujuan untuk memperketat kecurangan yang terjadi oleh blog/website lain.

Dampak negatif yang ditimbulkan
Berbeda dengan dampak Google Penguin yang menghantam dan berdampak langsung pada trafik sebuah web/blog, dampak dari Google Dinosaurus lebih kejam lagi, yakni web/blog yang dianggap tidak bermutu dan hanya hasil Copy Paste dan juga menipu hasil pencarian google, sudah banyak yang terpental, bahkan sudah hilang dari SERP!

Cara Mengatasinya
  1. Konten original. yang artinya lebih baik kita menulis sendiri artikel kita daripada harus melakukan tindakan copy paste karena selain merugikan si-penulis aslinya hal itu juga akan menghasilkan dampak yang negatif bagi blog kita karena artikel kita tidak 'fresh from the oven'.
  2. Jangan membuat postingan yang mengandung kata kunci dewasa yang berlebihan.
  3. Hindari BlackHat SEO dan jangan membuat artikel yang isinya tidak sesuai dengan judul.
  4. Hindari duplikasi konten yang ada dan hindari auto generated blog.
  5. Hindari backlink berlebih pada artikel, utamakan backlink pada home page.
  6. Utamakan backlink dari situs social bookmark.
  7. Hindari link/ backlink ke blog/ web yang berisikan konten dewasa dan backlink ke blog dummy.
  8. Hindari memasang banner iklan secara berlebihan di dalam blog/ website kita.
  9. Jangan sekali-kali memasang script yang mengandung malware.
Demikian sedikit gambaran tentang Algoritma Google Dinosaurus. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna untuk para blogger sekalian dalam menangatasi algoritma Google yang baru ini. Salam blogger!

[ 9 comments... baca di bawah atau tambahkan komentar ]

  1. Wah banyak juga ya kontra indikasinya...harus hati2 sama si dinosaurus...Terimakasih masukannya....salam kembali....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya dinosaurusnya gak bringas2 juga sih, asal kita menghasilkan konten yang minimal original dia gak bakalan ngamuk pak :D

      Salam sukses :)

      Delete
  2. infonya mantap bang..hehehe
    Alhamdulillah, gak ngopas ngopas saya...
    ^_^

    ReplyDelete
  3. baru di bahas langsung dibuat artikelnya om ini :D

    perlu di share emang, kasihan klo ada blogger yang kena hajar dino :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh, untung dikau kmrn kasih info dinonya ya kakak *cium mesra* :))

      Delete

Teman Blogger yang baik adalah mereka yang meninggalkan goresan komentar walaupun hanya sedikit ^^

- Copyright © 2013 Kolong Langit - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Edited By Sophie Riswandono -