Banyak dibaca

Popular Posts

Google+

Member of

Bloggers' Shout Out!
Orange Blogger
www.kancutkeblenger.com
Warung Blogger
Ditulis oleh : Sophie Riswandono Nov 21, 2013

Sepatu formal/dress shoes adalah sepatu yang wajib di miliki kaum Adam. Setiap cowok wajib memiliki beberapa pasang dress shoes untuk ke kantor ataupun acara-acara penting lain. Entah itu untuk acara bisnis ataupun kencan istimewa, Gak ada yang dapat membuat Loe terlihat lebih sukses ataupun seksi selain dress shoes yang berkualitas.

Dress shoes yang berkualitas mungkin terlihat mahal. Padahal justru lebih murah dan efisien jika kita mempertimbangkan lama pemakaiannya yang awet selama bertahun-tahun dan juga rasa percaya diri yang kita dapatkan saat mengenakannya.

Bagaimana mengetahui kualitas dari sepatu?

Sepatu yang berkualitas dapat kita ketahui dari konstruksinya, dan ada beberapa hal yang perlu Loe ketahui mengenai hal ini:

Sepatu yang berkualitas harus terbuat dari kulit asli. Begitu juga bagian sole / tapak sepatu juga terbuat dari kulit yang baik. Umumnya sepatu yang berkualitas dapat di refurbsihed atau di perbaharui hingga beberapa kali.
Bagian sole harus di jahit pada bagian bawah sepatu, bukan di lem
Bagian dalam sepatu juga terbuat dari kulit berkualitas tinggi, misalnya calfskin atau kulit anak sapi, bukan terbuat dari lapisan karet atau lainnya.
Jahitan sepatu harus rapi dan hampir gak terlihat
Berikut adalah gambar dari konstruksi dasar sepatu formal/dress shoe yang bisa Loe jadikan acuan.



1. Tali sepatu
Sepatu formal ada 3 jenis yaitu oxford, loafers dan boots. Untuk jenis yang menggunakan tali seperti pada gambar di atas di namakan Oxford. Ada sebuah fakta bahwa sepatu formal dengan tali terlihat lebih baik dengan setelan jas daripada jenis slip-on / loafers.

2. Warna
Pemilihan warna sepatu harus di sesuaikan dengan pakaian / jas yang di kenakan dan juga acara yang akan di hadiri. Warna hitam cocok untuk acara seperti presentasi bisnis, meeting dengan klien atau acara resmi lainnya. Sepatu warna coklat dapat di padankan dengan setelan jas berwarna biru navy atau charcoal / abu-abu.

3. Bahan Sepatu
Ada beberapa jenis bahan sepatu yang dapat Loe pilih, tetapi bahan glossy leather adalah pilihan yang aman. Loe juga dapat mencoba sepatu berbahan suede ataupun bahan eksotis seperti kulit buaya dan lainnya.

4. Ujung Sepatu
Ujung sepatu/toe berbentuk elips atau runcing terlihat lebih berkelas di banding dengan yang berbentuk persegi. Tetapi banyak juga ujung sepatu persegi yang terlihat elegan. Untuk sepatu yang berbentuk elips modelnya klasik dan tidak pernah ketinggalan jaman.

5. The Welt
Welt adalah celah antara bagian atas sepatu dan bagian sole (6). Sepatu yang berkualitas memiliki jarak welt yang cukup dekat, namun masih dapat terlihat.

6. Sole
Sole adalah bagian bawah sepatu yang seharusnya di jahit, bukan di lem. Selain itu, sole sepatu yang berkualitas terbuat dari kulit juga dan cukup tebal ukurannya sekitar seperempat inci.

7. Broguing
Broguing adalah semacam hiasan pada bagian ujung sepatu, yang biasanya berupa jahitan dekoratif dan berlubang yang fungsinya sebagai aliran keluar masuk udara. Sebuah sepatu bisa saja memiliki broguing atau tidak. Tetapi yang perlu di ingat, sepatu yang gak memiliki broguing terlihat lebih formal.

Nah, itulah panduan sederhana dalam memilih sepatu formal yang bakal jadi sepatu andalan Loe di saat yang penting, Bro.

kalau udah dapet sepatu kece jangan lupa yang di gandeng kalau jalan cewe ya Bro ..!!

Silahkan Berkomentar

Teman Blogger yang baik adalah mereka yang meninggalkan goresan komentar walaupun hanya sedikit ^^

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Kolong Langit - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Edited By Sophie Riswandono -